Visi SMP Negeri 2 Jeruklegi :
“ Terwujudnya peserta didik yang berkarakter, berilmu, dan terampil serta warga sekolah yang berwawasan lingkungan”
Indikator visi :
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki perilaku disiplin, santun, jujur, peduli, percaya diri, bertanggungjawab, dan tidak melakukan perundungan.
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki pengetahuan faktual, prosedural, dan konseptual.
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
- Terwujudnya warga sekolah yang memiliki perilaku budaya peduli dan rasa memiliki terhadap lingkungan, peduli pada pelestarian fungsi lingkungan, serta pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.
Misi SMP Negeri 2 Jeruklegi
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki perilaku disiplin, santun, jujur, peduli, percaya diri, bertanggungjawab, dan tidak melakukan perundungan.
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki pengetahuan faktual, prosedural, dan konseptual.
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
- Mewujudkan warga sekolah yang memiliki perilaku budaya peduli dan rasa memiliki terhadap lingkungan, peduli pada pelestarian fungsi lingkungan, serta pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.
Tujuan Pendidikan SMP Negeri 2 Jeruklegi :
- Pada tahun 2025 paling sedikit 90 % peserta didik memiliki perilaku religius, sikap toleran, dan sikap kerukunan hidup antarumat pemeluk agama/kepercayaan
- Pada tahun 2025 paling sedikit 90 % peserta didik memiliki kedisiplinan waktu, berpakaian, dan patuh terhadap tata tertib sekolah
- Pada tahun 2025 paling sedikit 75 % peserta didik memiliki perilaku tangguh yang ditunjukkan dengan pengerjaan tugas tepat waktu, belajar dengan penuh semangat, dan tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab
- Pada tahun 2025 paling sedikit 75 % peserta didik memiliki pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana, pengetahuan terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi dan teori, serta pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan
- Pada tahun 2025 paling sedikit 75 % peserta didik menunjukkan keterampilan berkomunikasi yang efektif dan beretika secara lisan dan tertulis dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil karya.
- Pada tahun 2025 paling sedikit 75 % peserta didik menunjukkan keterampilan berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan bersama di luar sekolah.
- Pada tahun 2025 paling sedikit 90 % warga sekolah memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan