Loading...
Slider

Tentang Sekolah

Halaman Depan SMP Negeri 2 Jeruklegi

Seperempat abad sudah SMP  Negeri 2 Jeruklegi berdiri. Berbagai macam suka dan duka dilalui oleh tiap orang yang menjadi bagian dari sejarahnya. 5 Mei 1992 sebagai hari Lahir SMP Negeri 2 Jeruklegi menjadi titik pijak perjalanan hingga tahun 2012 ini.

Sekolah yang berada pada lokasi geografis 7o 34¢ 11.87² S dan 109o 01¢ 38.19² T ini, secara administratif masuk dalam wilayah desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, terletak pada ketinggian 38 m dpl. Meskipun dikelilingi perbukitan, aksesibilitas SMP Negeri 2 Jeruklegi cukup mudah, yaitu hanya berjarak sekitar 200 meter dari jalan raya. Sumber : googleearth.com

Pada awalnya SMP Negeri 2 Jeruklegi dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat akan keberadaan sekolah menengah di sekitar Jambusari, Prapagan, Cilibang, Karang Kemiri, Sawangan, Brebeg dan beberapa daerah sekitar yang cukup jauh jaraknya dari SMPN 1 Jeruklegi (dulu SMP Unit). Tahun demi tahun bangunan yang awalnya hanya 3 unit kelas (sekarang kelas IX A-C) berkembang menjadi seperti sekarang. Keadaan jumlah guru pun berangsur bertambah, dari belasan menjadi 35 guru seperti sekarang.

Sejarah Kepemimpinan SMP Negeri 2 Jeruklegi :

Budi Harto, BA  (1992 – 1993)

Wiyono, BA    (1993 – 1997)

B. Sugiyopranoto   (1997 – 2003)

Suryanto, S.Pd.,MM   (2003 – 2004)

Wijiyanto, S.Pd.,MM.Pd.  (2004 – 2008)

H. Muhargo, S.Pd., M.MPd.    (2008 – 2010)

Hj. Saringah, S.Pd., M.Si   (2010 – 2014)

Drs. H. Sisno, M.M.Pd.   (2014-2015)

Priyo Mustiko, S.Pd., M.M   (2015 – 2018)

SUTANA, S.Pd.,M.Pd. (2018 – Sekarang)

Di bawah kepemimpinan Bapak Budi Harto, BA (dari tahun 1992 – 1993) Espero memulai babak baru pelayanan pendidikannya. Ruang kelas yang minim tidak menyurutkan langkah mencetak prestasi. Tahun 1993 kepemimpinan beralih kepada Bapak Wiyono, BA hingga tahun 1997. Tahun 1997 beralih lagi di bawah kepemimpinan Bapak B. Sugiyopranoto hingga tahun 2003. Tahun 2003 – 2004, Espero beralih kepemimpinan lagi bersama Bapak Suryanto, S.Pd., M.M. Tidak sampai seumur jagung, di tahun 2004 kepemimpinan berganti ke tangan Bapak Wijiyanto, S.Pd., M.M hingga tahun 2008. Setelah hampir separuh windu, Bapak Wijiyanto digantikan oleh Bapak H. Muhargo, S.Pd., M.MPd. hingga tahun 2010. Mulai tahun 2010 hingga 2014, kepemimpinan Espero berada di tangan “Srikandi” . Beliau adalah Ibu Hj. Saringah, S.Pd., M.Si. Banyak perubahan yang beliau lakukan, baik secara fisik dan non-fisik yang membawa angin segar bagi pelaksanaan pelayanan pendidikan di SMP Negeri 2 Jeruklegi.

Kemudian tahun 2014, terjadi rotasi dan penyegaran bagi kepala sekolah, sehingga kepemimpinan pun beralih kepada Bapan Drs. Sisno, M.M.Pd.. Sekitar 7 bulan berikutnya, beliau mendapat promosi menjadi Pengawas SMP Kabupaten Cilacap. Oleh pemerintah, tugas kepemimpinan pun diamanahkan kepada  sosok baru, yaitu Bapak Priyo Mustiko, S.Pd.,M.M. Beliau merupakan kepala sekolah yang sangat berpengalaman. Pangkatnya yang sudah IV c atau Pembina Utama Muda selevel dengan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. tidak tanggung-tanggung, gebrakan demi gebrakan dilakukan, khususnya bidang sarana prasarana. Dalam kurun waktu 1 tahun kurang, SMP Negeri 2 Jeruklegi berhasil membangun gedung perpustakaan baru lengkap dengan pemutakhiran peralatannya. Kantin baru yang memenuhi standar pun dibangun sebanyak 5 unit, disusul dengan pembangunan taman, WC siswa 7 unit, koperasi siswa, rehab, bahkan pengeramikan dinding seluruh ruangan. Dalam Januari awal pun sedang dilaksanakan pembangunan panggung sebagai sarana mengekspresikan kegiatan kesenian dan kegiatan lainnya.

Sepanjang sejarah SMP Negeri 2 Jeruklegi, banyak prestasi yang telah diraih. Dari bidang akademis, tercatat Peringkat 8 Lomba Siswa Berprestasi (tahun 2008), Juara I Lomba Lukis tingkat Kabupaten (2011), Juara III Tilawah Quran tingkat Kabupaten (2011), Juara I Macapat Tingkat Kabupaten (2011), Juara VIII Lomba Story Telling (2012), Juara 3 Lomba LCT (2013) Juara Juara 1 Pencak Silat Kelas F (2016), Juara II Pencak Silat Kelas G (2016), Juara 1 Turnamen Bola Voley (2016), Juara 1 Taekwondo se-Jawa Bali (2015), Juara 2 Lomba Kadre Kesehatan Remaja (2016), Juara II  Lomba Lukis pun pernah diraih hingga mewakili tingkat Propinsi. Dari bidang non-akademis, kegiatan kepramukaan juga sering memperoleh kejuaraan. Tahun 2014 juga diperoleh Juara IV Lomba Kreasi Remaja dan Artikel, juga Lomba Cerdas Tangkas oleh anggota PMR Madya SMP Negeri 2 Jeruklegi. Masih banyak prestasi akademi dan non-akademis yang telah terukir dan terus berusaha dicetak siswa-siswinya.

Saat ini, di bawah kepemimpinan Bapak Priyo Mustiko, S.Pd.,M.M. berbekal visi dan misi yang baru, yaitu Berkarakter, Berprestasi dan Berwawasan Teknologi, semua upaya dikerahkan untuk menjamin peningkatan mutu pelayanan dan kualitas hasil didikan SMP Negeri 2 Jeruklegi. Dengan misi :

  1. Menanamkan karakter religius melalui pembiasaan.
  2. Menanamkan perilaku jujur, disiplin,dan bertanggungjawab.
  3. Mengoptimalkan pembelajaran dan bimbingan konseling.
  4. Meningkatkan profesionalisme guru melalui pendidikan formal, pembinaan guru dan sertifikasi
  5. Menanamkan jiwa kewirausahaan dan ekonomi kreatif.
  6. Mengembangkan kerjasama pendidikan dan kepramukaan.
  7. Menjalin kerjasama yang harmonis antara sekolah, lingkungan masyarakat dan dunia usaha.
  8. Mengembangkan pendidikan yang inovatif serta pembelajaran berbasis sains dan teknologi

diharapkan seluruh warga sekolah memiliki arahan dan cita-cita bersama ke depannya. Visi dan Misi SMP Negeri 2 Jeruklegi ini menjadi bekal dasar langkah menciptakan manusia-manusia berbudi pekerti luhur, berkarakter yang mampu bersaing dan berprestasi dengan keterampilan dan wawasan teknologi yang mencukupi.

Meskipun moment seperempat abad itu hampir datang, semangat perubahan akan terus mewarnai segenap guru, siswa dan karyawan SMP Negeri 2 Jeruklegi. La Espero  yang dalam bahasa spanyol berarti harapan, akan terus berusaha memenuhi harapan masyarakat untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan kualitas lulusannya senantiasa. Amin dan ESPERO Tetap … JAYA !!!